Search Engine
Mesin pencari atau Search
engine adalah program
komputer yang
dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam
layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan.
Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang
tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang
seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas
suatu berkas yang disebut sebagai hits.
Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam
jenis berkas seperti halaman situs web,
gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga
diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.
Sebagian besar mesin
pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma
kepemilikan danbasisdata tertutup,
di antaranya yang paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo!).
Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber
terbuka (open
source), contohnya adalah Htdig,Nutch, Egothor dan OpenFTS
Sejarah
Saat awal
perkembangan internet, Tim
Berners-Lee membuat
sebuah situs web yang berisikan daftar situs web yang ada di internet melalui
peladen web CERN. Sejarah yang
mencatat sejak tahun 1992 masih ada hingga kini.[2] Dengan semakin banyaknya situs web
yang aktif membuat daftar ini tidak lagi memungkinkan untuk dikelola oleh manusia.
Utilitas pencari yang pertama kali digunakan untuk melakukan pencarian di internet adalah Archie yang berasal dari kata "archive"
tanpa menggunakan huruf "v". Archie
dibuat tahun 1990 oleh Alan Emtage, Bill Heelan dan J. Peter Deutsch, saat itu
adalah mahasiswa ilmu komputer Universitas McGill, Amerika
Serikat. Cara kerja program tersebut adalah mengunduh daftar
direktori serta berkas yang terdapat pada layanan ftp publik (anonim) kemudian memuatnya ke
dalam basisdata yang memungkinkan pencarian.
Mesin pencari lainnya
seperti Aliweb, muncul di 1993 dan
masih berjalan hingga saat ini. Salah satu mesin pencari pertama yang sekarang
berkembang menjadi usaha komersial yang cukup besar adalah Lycos, yang dimulai di Carnegie Mellon University sebagai proyek riset di tahun 1994.
Segera setelah itu,
banyak mesin pencari yang bermunculan dan bersaing memperebutkan popularitas.
Termasuk di antaranya adalah WebCrawler, Hotbot, Excite, Infoseek, Inktomi, dan AltaVista. Masing-masing
bersaing dengan menambahkan layakan-layanan tambahan seperti yang dilakukan
oleh Yahoo.
Tahun 2002 Yahoo!
mengakuisisi Inktomi, setahun kemudian
mengakuisisi AlltheWeb dan Altavista kemudian meluncurkan mesin pencari
sendiri yang didasarkan pada teknologi gabungan dari mesin-mesin pencari yang
telah diakuisisinya serta memberikan layanan yang mengutamakan pencarian Web
daripada layanan-layanan lainnya.
Di bulan desember
2003, Orase menerbitkan versi pertama dari
teknologi pencari waktu-riilnya. Mesin ini memiliki banyak fungsi baru dan
tingkat unjuk kerja yang jauh lebih baik.
Mesin pencari juga
dikenal sebagai target investasi internet yang terjadi pada akhir tahun 1990-an. Beberapa
perusahaan mesin pencari yang masuk ke dalam pasar saham diketahui mencatat
keuntungan besar. Sebagian lagi sama sekali menonaktifkan layanan mesin
pencari, dan hanya memasarkannya pada edisi-edisi enterprise saja, contoh Northern
Lightsebelumnya diketahui merupakan salah satu perintis layanan
mesin pencari di internet.
Buku Osmar R. Zaïane From Resource
Discovery to Knowledge Discovery on the Internet menjelaskan secara rinci sejarahteknologi
mesin pencari sebelum
munculnya Google. Mesin-mesin pencari lainnya mencakup a9.com, AlltheWeb, Ask Jeeves, Clusty, Gigablast, Teoma, Wisenut, GoHook, Kartoo, dan Vivisimo.
Google
Google muncul pada akhir tahun 1997, dimana Google
memasuki pasar yang telah diisi oleh para pesaing lain dalam penyediaan layanan
mesin pencari, seperti Yahoo, Altavista, HotBot, Excite, InfoSeek dan Lycos,
dimana perusahaan-perusahaan tersebut mengklaim sebagian perusahaan yang
bergerak dalam bidang layanan pencarian di internet. Hingga akhirnya Google
mampu menjadi sebagai penyedia mesin pencari yang cukup diperhitungkan di
dunia.
Saat tingginya persaingan antar mesin pencari yang
ada, namun mesin pencari lain tidak mampu menghentikan kesuksesan Google.
Setelah Yahoo mampu pada posisi puncak di sekitar tahun 2000, Google mampu
menerobos liga besar tersebut. sehingga Google dipandang sebagai mesin pencari
yang utama seperti yang kita ketahui pada hari ini.
Yahoo
Yahoo raja directori di internet, di samping para pengguna internet melihat DMOZ serta LookSmart berusaha menurunkan
nya dari posisi puncak tersebut. Akhir-akhir ini, telah tumbuh secara cepat
dalam ukurannya, mereka pun sudah memiliki harga sehingga mudah untuk
memasukinya, dengan demikian, mendapatkan sebuah daftar pada direktori Yahoo memang
memiliki nilai yang tinggi.
pada tahun 2001, mesin pencari Google berkembang
besar. Keberhasilan ini didasarkan pada bagian konsep dasar dari link popularity dan PageRank. Setiap halaman diurutkan berdasarkan seberapa banyak
situs yang terkait, dari sebuah premisbahwa situs yang diinginkan
pasti lebih banyak terhubung daripada yang lain. Rangking situs (The
PageRank)dari sebuah link halaman dan jumlah link dari halaman-halaman tersebut
merupakan masukan bagi Rangking situs yang bersangkutan. Hal ini memungkinkan
bagi Google untuk mengurutkan hasilnya berdasarkan seberapa banyak halaman
situs yang menuju ke halaman yang ditemukannya. User interface Google
sangat disukai oleh pengguna, dan hal ini berkembang ke para pesaingny
Manfaat
·
mesin
pencari merupakan tempat kebanyakan orang mencari sesuatu via internet. Menurut
survei hampir 90% pengguna internet memakai mesin pencari untuk mencari lokasi
tertentu di internet. dan di antara mesin pencari yang ada, google merupakan
mesin pencari yang paling banyak digunakan.
·
Sebagian
besar pengguna mesin pencari tidak pernah melewatkan dua halaman pertama dari
mesin pencari.
·
Sebagian
besar (hampir 70%) pengguna mesin pencari tidak pernah klik pada hasil
pencarian sponsor. Dengan demikian, hasil pencarian yang organik (secara alami)
akan membuat suatu website memperoleh
posisi strategis dalam duniainternet.
·
Di
negara-negara maju, porsi penjualan yang dilakukan melalui internet sudah hampir
mencapai 20% dari keseluruhan transaksi tahunan.
·
Sebuah
informasi yang mudah di akses oleh semua orang baik dalam maupun luar negeri.
·
Memudahkan
Masyarakat dalam mencari informasi di internet
Cara
kerja mesin pencari
Mesin pencari web
bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web,
yang diambil langsung dari WWW. Halaman-halaman ini diambil dengan web crawler — browser web otomatis yang mengikuti setiap
pranala/link yang dilihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk
menentukan cara indeks-nya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul,
atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang
halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian
selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google,
menyimpan seluruh atau sebagianhalaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi
tentang halaman web itu sendiri.
Selain halaman web,
Mesin pencari juga menyimpan dan memberikan informasi hasil pencarian berupa
pranala yang merujuk pada file, seperti file audio, file video, gambar, foto dan sebagainya, serta informasi tentang seseorang, suatu produk,
layanan, dan informasi beragam lainnya yang semakin terus berkembang sesuai
dengan perkembangan teknologi informasi.
Ketika seseorang
mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query,
biasanya dengan memasukkan kata kunci,
mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai
dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen
dan kadang-kadang sebagian teksnya.
Ada jenis mesin
pencari lain: mesin pencari real-time,
seperti Orase. Mesin seperti ini tidak menggunakan
indeks. Informasi yang diperlukan mesin tersebut hanya dikumpulkan jika ada
pencarian baru. Jika dibandingkan dengan sistem berbasis indeks yang digunakan
mesin-mesin seperti Google, sistem real-time ini unggul dalam beberapa hal:
informasi selalu mutakhir, (hampir) tak ada pranala mati, dan lebih sedikit
sumber daya sistem yang diperlukan. (Google menggunakan hampir 100.000
komputer, Orase hanya satu.) Tetapi, ada juga kelemahannya: pencarian lebih
lama rampungnya.
Manfaat mesin pencari bergantung pada relevansi hasil-hasil yang diberikannya.
Meskipun mungkin ada jutaan halaman web yang mengandung suatu kata atau frasa,
sebagian halaman mungkin lebih relevan, populer, atau autoritatif daripada yang
lain. Kebanyakan mesin pencari menggunakan berbagai metode untuk menentukan peringkat hasil pencarian agar mampu memberikan
hasil "terbaik" lebih dahulu. Cara mesin menentukan halaman mana yang
paling sesuai, dan urutan halaman-halaman itu diperlihatkan, sangat bervariasi.
Metode-metode nya juga berubah seiring waktu dengan berubahnya penggunaan internet
dan berevolusinya teknik-teknik baru.
Sebagian besar
mesin pencari web adalah usaha komersial yang didukung pemasukan iklan dan karenanya sebagian menjalankan
praktik kontroversial, yaitu membolehkan pengiklan membayar agar halaman mereka
diberi peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.
Contoh-contah mesin pencari:
Mesin pencari global
Mesin pencari
berbasis Microsoft
Mesin pencari
berbasis Google
Mesin pencari
berbasis Yahoo!
Mesin pencari
berbasis Windows Live
Mesin pencari
berbasis Ask.com
Mesin pencari
open source
Mesin pencari
meta
Mesin pencari
lokal
Mesin
pencari orang
Mesin pencari visual
Mesin pencari berbasis jawaban
Mesin pencari pekerjaan
Mesin pencari forum
Mesin pencari blog
Mesin pencari berita
Mesin pencari multimedia
Mesin pencari kode
Mesin pencari BitTorrent
Mesin pencari akuntansi
Mesin pencari kesehatan
Mesin pencari properti
Mesin pencari bisnis
Mesin pencari harga barang
Mesin pencari geografi
Mesin pencari sosial
Mesin pencari untuk anak
Mesin pencari desktop
Usenet
Mesin pencari tidak berfungsi
Garis waktu
|
||
Tahun
|
Mesin
|
Status
|
1993
|
Tidak aktif
|
|
Tidak aktif
|
||
1994
|
Aktif,
Aggregator |
|
Aktif,
Yahoo Search |
||
Aktif
|
||
1995
|
Tidak aktif
(URL dialihkan ke Yahoo!) |
|
Aktif
|
||
Tidak aktif
|
||
Aktif
|
||
Aktif
|
||
Aktif,
Diluncurkan sebagai direktori |
||
1996
|
Aktif,
Agregator |
|
Diakuisisi Yahoo!
|
||
Aktif
(lycos.com) |
||
Aktif
(berubah nama menjadi ask.com) |
||
1997
|
Tidak aktif
|
|
Aktif
|
||
1998
|
Aktif
|
|
Aktif
dengan nama Bing |
||
1999
|
Tidak aktif
(URL dialihkan ke Yahoo!) |
|
Aktif,
berubah nama menjadi Yellowee.com |
||
Aktif
|
||
Aktif
|
||
Tidak aktif
|
||
2000
|
Aktif
|
|
2002
|
Diakuisisi Yahoo!
|
|
2003
|
Aktif
|
|
2004
|
Aktif,
Meluncurkan pencarian web sendiri (lihat Yahoo! Directory, 1995) |
|
Tidak aktif
|
||
Aktif
|
||
2005
|
Aktif
|
|
Aktif
|
||
Aktif
|
||
Ditutup
|
||
2006
|
Tidak aktif
|
|
Aktif
|
||
Aktif
|
||
Aktif dengan nama Bing
Berganti nama menjadi MSN Search |
||
Aktif
|
||
Aktif
|
||
2007
|
Tidak aktif
|
|
Tidak aktif
|
||
Tidak aktif
|
||
Aktif
|
||
2008
|
Tidak aktif
(dialihkan ke Bing) |
|
Tidak aktif
|
||
Tidak aktif
|
||
Tidak aktif
|
||
Tidak aktif
|
||
Tidak aktif
(dialihkan ke Ecosia) |
||
Aktif
|
||
Aktif, Aggregator
|
||
2009
|
Aktif,
Sebelumnya Live Search |
|
Aktif
|
||
Tidak aktif
karena tidak ada dana |
||
Aktif
|
||
2010
|
Aktif
|
|
Tidak aktif
|
||
Aktif,
Pencarian global |
||
Aktif
|
||
2011
|
Aktif
|
|
Aktif,
Pencarian Turki |
||
2012
|
Aktif
|
|
2013
|
Aktif
|
Editor: fauzul ikhsan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar